Belajar dari pengalaman orang lain

Kemarin pagi saya dapat kabar dari timeline twitter kalau subuh tadi ada kecelakaan di deket pejaten village. Kata temen yang tinggal di sekitar situ sih katanya ada kecelakaan, tapi saya ga begitu mikirin, mengingat kemarin di perjalanan dari Jatinangor ke Jakarta saya melihat 2 kecelakaan juga.

 

Tapi menjelang siang akhirnya saya dapet berita lengkapnya. Ternyata mobil yang kecelakaan itu berisi anak-anak SMA 28 yang ngebut sesudah Sahur on the road, dan 2 diantara mereka meninggal dunia. Innalillahi wa inna ilaihi Rajiun…

 

Berikut cerita dari yang ada di tempat kejadian waktu itu 

 

2 orang yang meninggal itu perempuan, dan dilihat dari akun twitter mereka, mereka dibawa ngebut oleh teman mereka.

 

Terus terang ini membuat saya ingat kejadian sebulan yang lalu waktu mobil saya kecelakaan juga.

 

Waktu itu saya dan 10 orang temen saya liburan ke pangandaran. Begitu pulang, kita ngambil rute lain yang seharusnya lewat garut, jadi lewat ciawi. Tau sendiri medan Ciawi kaya gimana. Bukit terus banyak bus-bus sama truk gede yang jalannya lambat gitu. Karena udah malem dan mau cepet pulang, kita akhirnya ngebut dan ngikutin mobil di depan kita yang emang jago nyelip-nyelip.

 

Feeling udah ga enak sih, ngerasa kalo tu mobil depan kita sebel pasti dia nyelip ke space yang Cuma cukup buat 1 mobil. Bener aja, pas kita lagi speeding dan nyoba ikutan nyelip, ternyata ga ada space buat mobil kita.

 

Dan dari arah yang berlawanan ada bus.

 

Dan mobil kita masih di jalur yang salah.

 

Udah aja kesenggol bus, sempet keseret juga ke pinggir.

 

Abis itu saya bengong. Ga ngerti lagi. Kejadiannya cepet banget. Tadinya kita lagi ketawa-ketawa kebut-kebutan, terus telat nyelip, terus dari depan (saya duduk di samping yang nyupir) ada bus, terus silau banget, terus ada hantaman keras.

 

Dan saya baru sadar saya ga pake seat belt. Pinter banget.

 

Alhamdulillah banget Tuhan masih sayang sama kami dan dikasih waktu buat menyesali perbuatan super labil itu. Ga ada korban jiwa. Luka-luka pun nggak. Shocknya yang berbekas tapi.

 

Terus mobilnya ancur deh, bempernya ilang zzzzz.

 

Besoknya saya dimarahin juga sih sama ortu. Kenapa waktu kebut-kebutan kamu ga ngingetin. Emang dasar anak muda kalo udah ngumpul udah ga inget apa-apa lagi, ingetnya Cuma seneng-seneng aja.

 

Berkaitan dengan kecelakaan yang menimpa anak-anak 28, saya juga jadi inget sama tugas uas mata kuliah perkembangan budaya Indonesia yang saya ambil tahun lalu. Salah satu soal uas nya yaitu “Setujukah anda dengan kebijakan orang tua memberikan anaknya kendaraan pribadi padahal anaknya belum berusia 17 tahun? Jelaskan dengan alasan anda.”

 

Saya ingat betul saat itu jawaban saya jelas tidak dan alasan saya adalah bahwa psikologis remaja masih labil dan mereka belum bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan orang lain.

 

Kecelakaan yang menimpa anak-anak 28 terjadi karena mereka merasa hebat dan akhirnya kebut-kebutan di dalam kota. Merasa sudah jago menyetir. Merasa karena saat itu masih pagi, tidak akan ada apapun yang akan menyebabkan kecelakaan.

 

Jangankan mereka yang masih remaja, saya dan teman-teman yang sudah berusia 20 tahunan saja masih bisa labil dan khilaf kebut-kebutan sampai akhirnya kecelakaan.

 

Kalo udah kejadian, baru sadar, kan?

 

Saya sempat diskusi dengan ibu saya tentang hal ini, tentang bagaimana setiap kecelakaan begini kemungkinan besar yang menyetir selamat sementara penumpang tidak.

 

Saya sempat mengutuk supaya yang menyetir juga ikut meninggal saja. Tidak adil kan, dia yang gila, dia yang ceroboh, dia yang mau bunuh diri, kenapa ngajak-ngajak orang lain jadi korban?

 

Jawaban beliau cukup meredakan amarah saya.

 

“Biarin aja itu yang nyetir hidup. Biar dia lihat akibat dari perbuatannya. Biar dia hidup dengan penyesalan, berusaha untuk memperbaiki kesalahan tapi mau gimana lagi, yang udah meninggal ga akan bisa hidup lagi. Yang udah terjadi ga bisa diulang lagi. Biar dia belajar dari itu semua. Menyesal seumur hidup.”

 

Agak sadis sih. Tapi emang bener kok.

 

Nggak usah ngerasa sok jago kebut-kebutan. Nggak usah ngerasa pede karena masih muda jadi umurnya masih panjang. Umur manusia Cuma Tuhan yang tahu.

Komentar

  1. Iya, jd trends ya di twitter yg meninggal pas sotr itu.

    Ckckck... Ngeri amat yak punya pngalaman bgtu >.< tp itu brarti nyuruh kita instropeksi diri klo mengemudi kendaraan...

    BalasHapus
  2. Eh ya ampun itu serem banget kecelakaan di Ciawi-nya. Untung ga papa ya. *hugs*

    Konon kata ketua panitia(?)nya di kaskus, tiga orang yang bawa mobil itu pulang duluan sementara yang lain masih subuhan di masjid, trus balapan lah mereka. Cuma kok ya pake bawa2 penumpang, sih. -_-;;

    Iya bener juga ya, anak-anak muda kalo kumpul dan adrenalin udah naik, suka ga inget apa-apa selain seneng-seneng...

    BalasHapus
  3. eh baru tau kalo kamu pernah terlibat kecelakaan gitu, mana di samping supir itu biasanya fatal. Ktnya supir seringnya selamat karena dia yg paling bisa mengendalikan posisinya sendiri (tanpa sadar) berhub dia yg pegang kendali.
    Aduh ngeri yah, tapi aku setuju sama ibundamu, dan kalimat penutup jurnal kamu sangat pas dan jadi bahan renungan, bukan cuma buat remaja2 bermobil aja sih, tapi buat hidup secara umum.

    BalasHapus
  4. he ? tapi alhamdulillah yang jalan2 ke pangandaran gak papa
    klo yang kecelakaan moga2 yang selamat dapet pelajaran..pasti berbekas tuh shocknya

    BalasHapus
  5. Ah, iya, apalagi memang daerah sekitar PenVill itu emang jalannya kecil, & banyak lajur2.

    Mudah2an ga ada lagi kejadian semacam ini.

    Gw miris dengernya =__=.

    Sopir dititipi tanggung jawab keselamatan penumpangnya selama dalam perjalanan. kasarnya sih begitu. Jadi, harusnya sopir bisa bertanggung jawab untuk jaga baik2 kepercayaan yg dikasih.

    & gw setuju, emang di bawah 17 tahun ga boleh bawa kendaraan bermotor dulu. Tapi lihat aja kenyataannya, SIM nembak dimana2 :(.

    & belum lagi motor, cuma modal KK aja sekarang bisa dapet motor..*sigh*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karaoke pake Smule, yay or nay?

Almond Milk (Jakarta Area) Review

Activities this week : UNIQLO at Grand Indonesia and Almond Milk hunting