Sekilas Exo, fandom, xoxo, dan Wolf

 Setelah sekian lama akhirnya balik nulis. Idk man, akhir-akhir ini mood jelek banget, semua salah, bikin males nulis. Tapi tiba-tiba exo comeback, langsung banyak inspirasi hahahaha.

Warning : Post ini bakalan panjang dan penuh, jadi berikut akan saya buat rangka tulisannya (beuh kayak anak SD aja bikin tulisan harus ada rangkanya).

           1. EXO
            1. 1 What is Exo
            1. 2 Teaser Era
            1. 3 MAMA Era
            1. 4 Fandom Dramas
            1. 5 Everything-is-leaked (part.1)
            1. 6 New Comeback Teaser Era (a.k.a Exo is illuminati or Exo stan      overanalyze everything)

2. XOXO
            2. 1 Everything-is-leaked (part.2)
            2. 2 Wolf MV
            2. 3 Wolf review

Begitulah kira-kira. Kalo ada yang mau pencet tombol back, silahkan lho. Post ini bakalan panjang banget soalnya. Yang mau ke toilet juga boleh. Siapin cemilan juga lebih boleh lagi.

Udah?

Oke. Mari kita mulai.

Warning 2 : Ini bukan tulisan serius kok.



1. EXO
1. 1 What is Exo

 Exo adalah grup ‘termuda’ yang dibentuk oleh agensi SM Entertainment yang juga telah membuat grup-grup sukses lainnya seperti Super Junior, TVXQ, Girls Generation, SHINee, dan Fx. Project ‘Exo’ sebenarnya sudah dipersiapkan sejak awal tahun 2011. Pada saat itu, Exo masih belum bernama dan masih disebut dengan sebutan “M1”. Beberapa fans juga menyebut mereka dengan sebutan “Sonyeoncheonji”. Anggota grup ini belum resmi diumumkan, namun fans telah memperkirakan beberapa nama yang menurut mereka akan didebutkan dalam grup baru ini. Beberapa nama tersebut antara lain Jongin (trainee SM yang merupakan sahabat anggota SHINee, Taemin), Yixing (yang pernah muncul menggantikan Jonghyun SHINee saat dia cedera), dan Jino (anggota grup project SM The Ballad). Nama “Exo” baru resmi diumumkan pada Desember 2011. SM juga menyatakan bahwa Exo akan dibagi menjadi 2 subgroup, yaitu Exo K yang bertarget pada pasar musik Korea dan Exo M yang memiliki target pasar musik di Cina.

1. 2 Teaser Era

 Berbeda dengan lazimnya grup lain, Exo tidak segera didebutkan oleh SM. Ternyata SM memberlakukan sebuah strategi baru dimana keseluruhan anggota Exo akan diperkenalkan lebih dahulu dengan video teaser. Era teaser ini dimulai dari Desember 2011 sampai dengan Februari 2012. Dalam rentang waktu tersebut, SM mengeluarkan 23(!!) teaser untuk Exo. Dari teaser-teaser tersebut, fans dapat mengetahui bahwa Exo beranggotakan 12 orang, dengan 4 diantaranya adalah Chinese.

 Prediksi fans tentang siapa anggota Exo sedikit banyak tepat, namun Jino ternyata tidak termasuk dari 12 laki-laki yang menjadi anggota Exo. Rumour has it Jino sedang dikurung di dungeon SM. Pada Era ini juga fans “dipaksa” untuk mengingat wajah Jongin yang sekarang mengusung nama panggung Kai karena nyaris setengah dari 23 teaser exo merupakan teaser untuk Kai. Not that I mind, that kid is hot *wink wink* what do you mean he’s underage, he’s… a 1994 born?????  I need to sit down.

 Pada era ini juga exo merilis  2 buah lagu yang mereka sebut Epilog, yaitu “What Is Love” dan “History”. Kedua lagu tersebut dirilis dalam 2 versi, yaitu versi Korea yang dinyanyikan oleh Exo-K dan versi mandarin yang dinyanyikan oleh Exo-M.

1. 3 MAMA Era

 Exo mengadakan showcase pertama mereka pada 31 Maret 2012 di Seoul dan pada keesokan harinya 1 April 2012 di Beijing. Pada showcase tersebut, ke-12 anggota exo mempertontonkan kebolehan mereka masing-masing. Sebuah video teaser untuk single debut mereka juga diputar pada showcase tersebut.

 Pada saat itu kebetulan penulis juga tengah menginap di kosan teman yang juga fangirl jadilah akhirnya kita fangirling bersama-sama di pagi hari. Ga penting? Oke.

 Single debut Exo, “MAMA” dirilis pada 8 April 2012. Tampak terlihat bahwa SM betul-betul All Out dalam mempromosikan Exo, terbukti dengan adanya konsep yang sangat solid untuk grup ini dalam mempromosikan “MAMA”. Pada era “MAMA” ini, dikisahkan bahwa ke-12 anggota grup Exo memiliki kekuatan khusus yang berbeda-beda. Konsep unik ini merupakan hal yang baru dalam dunia musik korea dan Exo berhasil mencuri perhatian para fans baru. Strategi marketing SM ternyata tidak hanya sampai di situ. Grup ini ternyata harus melakukan promosi di 2 tempat yang berbeda secara bersamaan, sehingga Exo-M pergi ke Cina sementara Exo-K tetap tinggal di Korea.

 Sayangnya, terjadi ketimpangan selama promosi “MAMA” ini. Berbeda dengan Exo-K yang dapat menampilkan “MAMA” selama tiga kali dalam seminggu di tiga acara musik Korea, kesempatan Exo-M untuk menampilkan “MAMA” sangatlah kecil di Cina sehingga mereka lebih sering melakukan interview daripada tampil secara live. Hal ini membuat personaliti anggota Exo-M lebih dikenal oleh fans internasional daripada Exo-K. Namun hal ini juga disiasati oleh Exo-K dengan seringnya mereka membintangi CF setelah promosi “MAMA” berakhir.

 Setelah promosi “MAMA” berakhir, Exo tampaknya melakukan hiatus yang cukup lama dengan tidak segera merilis single baru. All they did was strolling through airports, dying their hair, celebrating other member’s birthday, etc. Srsly. Fans mulai panic dan bosan sehingga terciptalah banyak fandom drama selama masa hiatus tersebut.

1. 4 Fandom Dramas

 Apalah arti idola tanpa fans. Fans juga terbagi menjadi berbagai macam kategori. Ada fans yang memang ngefans karena suka musiknya, ada juga fans yang hobi memasangkan idolanya dengan idolanya yang lain, atau istilahnya, shiper.

  Sejak Exo diperkenalkan ke publik, sudah terlihat bahwa SM sengaja memasangkan anggotanya agar lebih menarik perhatian. Kedua ‘pasangan’ yang seakan direstui oleh SM ini biasanya disebut sebagai ‘Canon OTP’. Namun pada masa promosi “MAMA” ternyata banyak momen-momen dari ‘pasangan’ lain yang tidak termasuk ‘Canon OTP’. Fans ‘Canon OTP’ menentang keras kelahiran ‘side otp’ baru ini sehingga terjadilah ‘fanwar’ dan ‘ship war’ dimana-mana.

 Drama dalam fandom Exo bukan hanya tentang ‘ship war’ saja, tapi juga drama yang disebabkan oleh kemunculan fans yang menyebut diri mereka sebagai ‘True Fans’, perang antara ‘Famous Fans’, dan lain sebagainya. Perpecahan pun terjadi di dalam kalangan fans Exo namun tetap saja Exo tidak comeback. Gasp. Omona.

 Namun dampak positif dari lamanya hiatus Exo ini diantaranya adalah berkembangnya kreatifitas para fans sehingga terciptalah banyak fanart dan fanfic masterpiece dari fans Exo. Tapi biasanya fanfic masterpiece ini berakhir dengan salah satu anggotanya mati. Sayang sekali ya. Tapi cerita bagus biasanya angst dan toh fans Exo kebanyakan masochist jadi tidak masalah juga sih.

1. 5 Everything-is-leaked (part.1)

 Didebutkan sebagai grup dari SM Entertainment, Exo sudah dipastikan memiliki fans dengan tingkat kefanatikan yang tinggi. Pada pertengahan 2012 lalu, fans entah bagaimana caranya berhasil mendapatkan audio rekaman lagu yang dipastikan akan menjadi lagu comeback mereka. Lagu tersebut berjudul “Wolf” dan memiliki penggalan lirik yang aneh yaitu “Geurae wolf naega wolf! Awooooo~ Saranghaeyo”. Namun banyak fans yang menganggap leaked audio ini palsu, karena menganggap liriknya terlalu aneh untuk sekaliber Exo yang saat itu sedang keren-kerennya dengan image dan konsep “MAMA”. Pada leaked audio tersebut terdengar jelas suara D.O sang vokalis dan suara Chanyeol rapper Exo-K? Ah itu ilusi kalian saja. Exo kan keren tidak mungkin pakai lagu aneh begini. Apa itu Geurae wolf naega wolf?

  Setelah insiden leaked audio tersebut, fandom Exo kembali tenang. Memang ada leak disana-sini, namun yang leaked bukanlah audio tetapi air mata. Hal ini disebabkan oleh suatu fanfic berjudul “Absolute Chanyeol” dengan line legendarisnya “Don’t leak, okay? No leaking.”

            Fuck you, I’m leaking everywhere.

Even Shinji is crying. Oh wait he's crying over Kaworu-kun.

1. 6 New Comeback Teaser Era (a.k.a Exo is illuminati or Exo stan overanalyze everything)

 Exo comeback??? Gosip dari mana lagi ini. Waktu itu katanya comeback bulan April kan? Nyatanya mana? Hah. Exo itu tidak nyata, hanya imajinasi kita saja. Mungkin begitu yang dipikirkan para fans Exo. Sudah putus harapan karena terlalu lama diberi harapan palsu. Namun SM menyatakan bahwa Exo akan benar-benar comeback dengan full album pertama mereka. Para Exo stan pun bersuka cita memanjatkan puji dan syukur.

 Teaser pertama dari comeback Exo ini ternyata memperlihatkan seluruh anggota Exo dengan pakaian seragam sekolah dengan format ala buku tahunan SMA. Apa gerangan konsep Exo kali ini. Beberapa fans berspekulasi bahwa konsep untuk comeback kali ini adalah X-Men karena pada foto teaser tersebut terdapat tulisan “Exo First Class” dan kita tahu ada film berjudul “X-Men First Class”. Apalagi jika dikaitkan dengan konsep supernatural pada era “MAMA” dahulu.

  Teaser berikutnya memperlihatkan punggung seluruh anggota Exo yang memakai baju bernomor punggung “88”. Berbagai spekulasi pun kembali bermunculan, diantaranya adalah makna dibalik angka “88”. Mulai dari spekulasi yang normal seperti “Pada tahun 1988 ada sebuah film berjudul Lone Wolf” hingga yang paling aneh seperti “Teaser dirilis pada 16 Mei berarti 16/5 ditambah 1988 jadi 1+6+5+1+9+8+8 = 3 + 8 = 11 menunjukkan Exo karena Kris lagi ilang makanya Exo kurang satu”. What even. Penulis menganggap fans ini pasti menyukai angka atau mungkin merupakan penganut kejawen karena sangat suka menghitung-hitung hari dan angka.

2. XOXO

2.1 Everything-is-leaked (part.2)

  Damn, exo fans, not this shit again.

 Video dance practice untuk single baru Exo entah bagaimana caranya akhirnya tersebar melalui situs Youtube. Video tersebut tidak diupload dari channel resmi SMTOWN sehingga dapat diketahui bahwa video itu adalah video leaked. Pihak SM bergerak cepat dan memblokir video tersebut, namun apa daya, banyak diantara fans Exo yang telah mengunduh video tersebut.

 Tidak cukup sampai di situ, beberapa hari sebelum perilisan resmi album pertama Exo, XOXO, tersebar 11 lagu yang merupakan 11 track dari album tersebut. Diulang, 11 lagu. Sebelas. Lagu. Semuanya leaked. Ini bagaimana sih. Produser yang menangani album ini pun menyatakan rasa kecewanya di twitter. Bagaimana tidak, kerja kerasnya bagai tidak dihargai. Bagaimana ini, fans Exo? Padahal kan Chanyeol sudah berpesan “Don’t leak! No leaking!” aduh. Chanyeol yang versi “Absolute Chanyeol” sih tapi ya sama aja kan.

 Peristiwa ini kembali memecah fandom Exo. Beberapa fans menuduh fans yang telah mendownload 11 lagu tersebut bukanlah ‘fans sejati’. Namun apakah kita bisa menyalahkan mereka, karena mereka kan sudah menunggu terlalu lama. Lagipula kebanyakan dari mereka toh sudah melakukan pre order album xoxo sebelumnya. Termasuk penulis (nah ketahuan). Fans yang menyebut diri mereka ‘fans sejati’ itupun ujung-ujungnya mengunduh album tersebut setelah xoxo resmi dirilis. Intinya kan sama, unduh illegal juga, hanya beda waktu saja. Penulis tidak tahan nyinyir soalnya para ‘fans sejati’ itu hipokrit banget. Ah ya pokoknya begitu deh.

2. 2 Wolf MV

  Ahem. Coba kita mundur ke poin 1.5.

 “Lagu tersebut berjudul “Wolf” dan memiliki penggalan lirik yang aneh yaitu “Geurae wolf naega wolf! Awooooo~ Saranghaeyo”. Namun banyak fans yang menganggap leaked audio ini palsu, karena menganggap liriknya terlalu aneh untuk sekaliber Exo yang saat itu sedang keren-kerennya dengan image dan konsep “MAMA”. Pada leaked audio tersebut terdengar jelas suara D.O sang vokalis dan suara Chanyeol rapper Exo-K? Ah itu ilusi kalian saja. Exo kan keren tidak mungkin pakai lagu aneh begini. Apa itu Geurae wolf naega wolf?”

  Lagu yang diyakini palsu ini (beneran lho itu para ‘fans sejati’ keukeuh bilang ini palsu) ternyata betul-betul menjadi single utama comeback Exo. Oh shit son. Namun SM mendengar keinginan fans. “Apa itu geurae wolf naega wolf?”. Maka pada lagu yang telah disempurnakan ini tidak ada lagi line “geurae wolf naega wolf”. Line tersebut diganti menjadi “Geurae ULF naega ULF”.

  Serius.

 Video teaser untuk MV “Wolf” membuat para fans excited karena “omgggggg akhirnya MV yang ada plotnya omg sekolahan omgggggg”. SM memang sudah lama sekali tidak membuat MV yang memiliki plot cerita. MV SHINee yang 1000nen zutto soba ni ite tidak dihitung karena itu dibuat oleh Avex. Tapi ternyata pada MV “Wolf” tidak terdapat satu cerita apapun. Mari kita khusnuzhan aja kalo suatu saat SM akan merilis Wolf drama version atau itu drama untuk MV Exo yang lainnya. Peter Pan misalnya. Penulis suka banget lagu Peter Pan di xoxo ini hihihihi.

2. 3 Wolf review

  Ah, wolf… so where do I begin with wolf.

  Wolf dibuka dengan suara lolongan serigala khas film-film horror Indonesia dan diikuti dengan bunyi tung tung tung. Di MV, bagian ini keren banget dengan adegan para anggota Exo saling bertautan membentuk sebuah pohon(??) yang segera mengingatkan pada Tree of Life di MV “MAMA”. Setelah itu diikuti dengan adegan Chanyeol (pada versi Korea) atau Kris (pada versi Mandarin) mencakar lantai dengan gerakan tangan ala film horror jepang, Ju On. Versi Chanyeol lebih creepy karena tangannya kurus banget kalo menurut penulis.

someone please give this kid a role in horror movie

  Sayangnya pada lagu ini terdapat lebih banyak part rap atau ‘bicara’ daripada part menyanyi, namun dapat ditutup dengan adlib Chen dan Baekhyun. Keseluruhan lagu ini pun tampak seperti beberapa lagu yang digabung menjadi satu seperti “I Got A Boy”nya Girls Generation, namun tidak sampai “bipolar” seperti IGAB. Bagian favorit penulis adalah part “Neomu areumda areumda areumda un” dengan gerakan dancenya seperti orang sedang aerobik.

Nah kan dia ngerti

 Pas sekali kan, Suho juga penampilannya sudah cocok jadi trainer fitness.

"Ayo semua jangan loyo! Satu! Dua! Satu! Dua! Hai ganteng."

  *stares*
           
  Ini saya nulis apaan ya. Sebenernya niat ngereview lagu-lagu di album xoxo juga tapi kayaknya cukup sampai di sini dulu sekian dan terima kasih.
           
           
           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karaoke pake Smule, yay or nay?

Almond Milk (Jakarta Area) Review

Activities this week : UNIQLO at Grand Indonesia and Almond Milk hunting