Sakit itu mahal

Ya, betul. Sakit itu mahal.

Selama ini waktu punya badan sehat ga disyukuri. Begitu sakit baru kerasa deh.

Jadi seminggu yang lalu gue tiba-tiba kebangun malem-malem dan dada berasa sakit banget kayak diteken. Ga bisa nafas juga. Menderita banget lho huhuhuh langsung parno kan takutnya sakit jantung atau apa. Gue belum 24 tahun masa udah jantungan, kan aneh (ga aneh sih sebenernya wong gue ga pernah olahraga).

Kata nyokap, gue kena angin duduk.

Oh baiklah.

Tapi kok sakit di dada ga sembuh-sembuh. Yang ada malah makin sakit. Akhirnya hari Senin, 21 Juli 2014, gue memutuskan untuk periksa ke Rumah Sakit Premier Bintaro (Ramsay Health Care). Di sana gue daftar untuk masalah penyakit dalam dan langsung minta periksa sama Dr. Suyanto. Fyi, Dr. Suyanto ini dulu dokter nyokap gue waktu nyokap ada masalah di ususnya setahun yang lalu. Agak lumayan tenang deh gue liat muka familiar. Secara gue udik gitu kan ga mampu berobat ke rs gede kayak gini biasa juga ke klinik atau ke rs babeh gue hahaha.

Lagi tenang-tenang periksa, tiba-tiba...

"Endoscopy, ya."

Waduh???

Gue keinget tahun lalu nyokap gue juga Endoscopy dan itu tu serem gitu ada kamera masuk lewat mulut ugh.
Gue udah males aja deh. Pertama, serem. Kedua, MAHAL.

Tapi daripada gue penasaran penyakit gue apaan dan ga sembuh-sembuh, akhirnya gue setuju untuk Endoscopy. Sebelum itu gue harus puasa dulu 7 jam, jadilah gue dijadwalin Endoscopy tanggal 22 Juli jam 9 pagi.

Selese itu, gue udah ditungguin nyokap di MM Juice rumah sakit. Ternyata besok itu nyokap juga harus operasi karena bantalan tulang pahanya keluar dan syaraf pahanya kejepit. Jreng. Ini apa lagi, ya Allah.

Dan beliau dijadwalkan untuk operasi 22 Juli jam 8 pagi.

Lho, Ma?? Beda 1 jam doang sama aku??

Wah pusing deh bokap gue. Mau nemenin gue apa nyokap. Gue juga jadi ga enak hati, kan. Akhirnya diputuskan kalo besok bokap nemenin nyokap aja, gue bisa sendiri (eaaaaa padahal menangis dalam hati).

Besoknya, jam 7 pagi gue udah ada di premier lagi. Nyiapin ini-itu, administrasi, dan yang pasti... metode pembayaran. Uh serem banget deh denger kata 'bayar' tuh. Selama ini gue sakit kan enak aja gitu dibayarin ortu. Tapi sekarang gue ga tega. Biaya operasi nyokap gue gede banget. Masa mau ditambah bayarin gue? Emangnya gue sakit salah siapa? Salah kantor Salah sendiri, kan? Gue udah gede, gue harus bayar sendiri.

Gue punya asuransi kesehatan sih tapi ragu gitu gue. Like, selama ini orang bilang proses klaimnya susah. Belom lagi kemungkinan cuma dicover beberapa persen. Asuransi nyokap gue ngecover biaya operasinya juga ga full 100% (asuransi gue sama nyokap beda).

Wallahualam aja deh.

Waktu Endoscopy akhirnya tiba. Gue ganti baju, dipasangin semacam infus (norak lho sempet foto-foto soalnya kan kayak the fault in our stars #heh), dan dibius. Terakhir yang gue inget cuma disuruh gigit semacem benda bulat yang tengahnya bolong (bukan donat), abis itu ilang deh gue.

Begitu sadar gue udah balik di ODC tangan gue dijawil-jawil sama dokter anesthesianya.

LOH

KOK

UDAH

GITU

DOANG

Meanwhile ternyata selama gue tidur itu adek-adek gue dipaksa menonton film horror alias isi perut gue di ruangan sebelah wakakaka. Katanya ada beberapa bagian dalem gue yang ditusuk-tusuk segala sampe berdarah. Wah ga berasa, euy.

Endoscopy udahan. Waktunya bayar. Wah ini baru serem. Gue udah pasrah ya Allah kalo emang ga dicover asuransi ya sudahlah GUE GA AKAN BISA NONTON EXO HUHUHUUUHU.

Begitu nyampe loket pembayaran, ternyata gue disambut dengan senyum sumringah kasirnya.

"Selamat ya, Mbak. Tadi kita emang susah dapet konfirmasi dari xxx-nya (nama asuransi). Tapi sekarang udah bisa, kok. Semua dicover mereka, ya."

Apa

Terus gue liat nota pembayarannya.

6,5 juta.

Paid by xxx

OMONAAAAAAAAAAA

Lalu gue pun keluar dari rs tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Eh mengeluarkan sih 45ribu untuk segelas starbucks (wei lambung weiiii).

Alhamdulillah, ga rugi gaji gue disisihkan tiap bulan untuk ikut asuransi. The best decision I've ever made kalo mau lebay mah.

Oh ya operasi nyokap juga berjalan dengan baik. Beliau udah bisa keluar dari rumah sakit sore ini. Yay.

Mulai sekarang harus jaga kesehatan sebaik-baiknya ya karena sakit itu mahal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karaoke pake Smule, yay or nay?

Almond Milk (Jakarta Area) Review

Activities this week : UNIQLO at Grand Indonesia and Almond Milk hunting